Saturday 27 September 2014

boleh tidak pakai baju hijau di Laut Selatan ??

Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul kerap disangkutpautkan dengan hilangnya sejumlah orang yang berenang di Laut Kidul. Mitos menyebut mereka yang berenang menggunakan baju berwarna hijau akan ditarik Nyi Roro Kidul sebab warna itu kesenangannya.

Cerita rakyat itu terang-terangan dibantah oleh juru kunci Cepuri Parangkusumo, Mas Surakso Rajiyo Hadihusna atau yang akrab disapa Nur. Menurut Nur, cerita tersebut tidaklah benar. Menurutnya hal tersebut hanyalah mitos.


Mungkin tidak diperbolehkannya berenang menggunakan pakaian warna hijau bukan karena sosok si Ratu Pantai Selatan atau yang lebih dikenal sebagai Nyai Roro Kidul digambarkan sebagai wanita yang cantik  bagai bidadari dan menyenangi warna hijau namun karena warna hijau mirip dengan warna laut sehingga sulit bagi tim SAR untuk melakukan pemantauan. Sehingga para wisatawan diimbau tidak mengenakan pakaian atau memakai atribut yang berwarna hijau.

Namun demikian berkembang bahwa, jika ada pengunjung yang coba melanggar aturan tersebut (menggunakan pakaian warna hijau), maka dipercaya dia akan merasakan hari sial, atau yang paling terparah adalah tubuh orang tersebut tiba-tiba saja ditarik ke laut dan tidak kembali lagi. Bagi orang awam, hal itu tentu tidak masuk akal, namun tidak bisa dipungkiri dalam kenyataannya mereka yang datang ke sana mengenakan segala sesuatu berwarna hijau maka akan hilang ditelan ombak.

bagaimana?
apakah sobat koneketo percaya?
sumber: merdeka1 dan merdeka2

No comments:

Post a Comment