Saturday 4 October 2014

hal yang perlu diperhatikan ketika olahraga malam

Masing-masing orang punya kebiasaan olahraga berbeda-beda. Terkait waktu, selain berolahraga di pagi hari, ada pula orang yang berolahraga di malam hari karena disibukkan dengan pekerjaan.



nah katanya dr Andi Kurniawan SpKO, olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Memang, untuk udara paling baik adalah pagi hari. Tetapi, jika tidak sempat, menurut dr Andi malam hari lebih baik daripada tidak olahraga sama sekali.

Pengaruh olahraga malam lebih dipengaruhi oleh kondisi udara, cuaca, dan hujan. Namun jika terlalu malam maka akan mempengaruhi kualitas tidur.
Mengapa?
Karena sehabis berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon serotonin dan endrofin yang membuat seseorang merasa segar dan happy sehingga akan lebih sulit tertidur. Sehingga habis olahraga, perlu pendinginan atau minum air untuk mengembalikan cairan dan kalori. Disarankan diberi waktu 1,5-2 jam setelah olahraga di malam hari sebelum pergi tidur. Waktu tersebut digunakan untuk pendinginan selama setengah jam, lalu mandi, istirahat, serta mengganti cairan dan kalori (dengan makan dan minum). Katanyat dr Andi, olahraga baik di siang atau malam hari harus dilakukan dengan baik, benar, terukur, dan teratur.

No comments:

Post a Comment